Pages

Sabtu, 17 Mei 2014

Macam Macam Search Engine dan Fungsinya



MACAM-MACAM SEARCH ENGINE dan FUNGSINYA


Pengertian Search Engine :


Search engine adalah sebuah mesin pencari yang menyediakan berbagai blog atau website. Selain itu search engine juga memberikan berbagai informasi yang sangat banyak yang dibutuhkan orang. Dan pada mesin pencari semua hal yang kita cari dengan kata kunci tertentu pasti bisa kita jumpai informasinya.


Search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian dalam hal berkas-berkas yang tersimpan didalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.


Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali berupa list menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam-macam search engine mempunyai jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.


Manfaat dalam macam-macam search engine bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Sebagian besar search engine adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.


Manfaat dari Macam-Macam Search Engine

  • mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
  • Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
  • Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.
  • Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
  • Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
  • Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet



1.   Google (http://www.google.com)















http://widnyaidabagus.com/wp-content/uploads/2012/11/google-search.jpg     http://blog.caturpw.com/wp-content/uploads/2007/11/google-love-you.jpg



Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.

          Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.


·         Kelebihan :


1.   Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.

2.   Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.

3.   Tampilan yang sederhana.

4.   Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.

5.   Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

6.   Sebagai alat komunikasi dengan cara membuat suatu e-mail pada gmail dalam google.

7.   Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga pada saat kita melakukan update web, google akan berkunjung melakukan indexing.


·         Kekurangan :


1.   Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

2.   Terkadang menampilkan hasil pencarian informasi yang diinginkan user tidak relevan.

3.   Mudah disadap oleh hacker sebagai contohnya e-mail kita yang berada di gmail.

4.   Google tidak bisa mengindeks halaman tertentu.


Fungsi :

1.Kalkulator
Fungsi Google Calculator lebih canggih dari yang diketahui banyak orang. Selain mampu mengerjakan matematika dasar, seperti 5+6 atau 3x2, Google Calculator juga mampu mengerjakan kalkulasi logaritma seperti e, pi, Cos, Sin, dll. Selain itu, Google Calculator juga mampu menerjemahkan binary code. Coba saja ketikkan “12*3 in binary” pada kolom search Google.

2.Site Search
Dengan menggunakan kata kunci “site:” kita dapat membuat Google untuk hanya mencari dan mengeluarkan hasil hanya dari satu website saja. Coba saja ketikkan “site:chip.co.id Samsung” maka yang akan muncul hanyalah segala berita tentang samsung dari website CHIP.

3.Konversi
Konversi mata uang dan konversi unit dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mengetikkan kata kunci <jumlah> <unit1> <unit2> pada kolom search. Contohnya kita dapat mengetikkan “1 USD in Rp”, “20 C in F”, atau “15 inch in cm” maka kita akan mendapatkan hasil secara instan.

4.Time Zone
Cukup mengetikkan “time in <tempat>” maka kita akan mendapatkan waktu setempat di tempat tersebut sekaligus dengan zona waktu yang digunakan di tempat tersebut. 

5.Terjemahan
Cara paling cepat untuk menterjemahkan kata asing cukup dengan mengetikkan “translate <kata> to <bahasa>” sebagai contoh “translate pomme to english” maka akan muncul hasil apple. “translate pomme to spanish” maka akan muncul hasil manzana.

6.Mencari file secara spesifik
Jika mengetahui jenis file yang akan dicari seperti PDF atau Word, kita dapat menambahkan ekstensi file secara spesifik dengan mengetikkan “<judul> filetype:pdf” atau “<judul> filetype:doc”

7.Mengecek status penerbangan
Jika kita telah mengetahui nomor penerbangan, kita bisa mengecek informasi detailnya. Contohnya dengan mengetikkan “BA335” maka akan muncul status penerbangan British Airways dengan nomor penerbangan 335 dari Paris jam 15.45 dan akan tiba di Heatrow Terminal 5 pada jam 15.48 waktu setempat.

8.Mengecek film yang ditayangkan di bioskop
Dengan mengetikkan “film” atau “movie” diikuti dengan kodepos setempat maka akan menunjukkan daftar film yang sedang diputar di bioskop-bioskop setempat. Sayangnya untuk di Indonesia sendiri fitur ini belum bisa diterapkan.

9.Prakiraan cuaca
Cukup dengan mengetikkan nama kota diikuti dengan “forecast” maka Google akan menampilkan prakiraan cuaca selama satu hari termasuk dengan kelembaban udara dan kecepatan angin. Prakiraan cuaca ini termasuk dengan cuaca selama satu minggu berdasarkan data dari weather channel.

10.Mengeluarkan daftar pencarian
Jika kita mengetikkan kata yang memiliki dua arti atau memiliki hubungan dengan kata yang lain,  kemungkinan akan sulit karena memiliki hasil pencarian yang sangat banyak. Kita dapat mengeluarkan hasil yang tidak sesuai dengan tanda “-“ maka hasil yang dihasilkan dapat lebih sesuai. Contoh bila kita mengetikkan “Apple –iPhone” maka akan menghasilkan pencarian Apple tanpa iPhone.





2.   Yahoo (http://www.yahoo.com)


http://netdna.webdesignerdepot.com/uploads/2013/02/featured35@wdd2x.jpg



 http://www.itoday.co.id/wp-content/uploads/2012/10/yahoo.jpg





Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.


Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.


·         Kelebihan :


1.   Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.

2.   Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.

3.   Fiturnyanya yang komplit.

4.   Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

5.Lebih mudah diakses disbanding search engine yang lainnya


·         Kekurangan :


1.   Loadingnya membutuhkan waktu yang lama

2.   Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn

3.   Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan

4.   Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows

5.   Skin untuk Y!M masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

6.   Software pendukungnya masih kurang



3.      MSN (http://search.msn.com)

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmNCMe8euxwLXES_QWUmpzTte55DIZnAY6X0sZ2tqt-n2slkGl74aRb4fgyQuYqa3IBPGDDgAOOo0M-M3ZQeH_xhh6tkFQW7DkZC1KRNzcWt_6tgnye57vQPR_YC9AB5ZMl4cZJMdQ5cM/s1600/new-msn-ss.jpg               https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1nkEdTSG667BatkhfE5-j8P9PbRE5TxFtbwukFkRXPrK_buQQ8Hw_YLPd9614DWvabrKIbl07c9yyTvY8VFn5D8ijh_DEpBk8wN-uu7x57CqBZ3jWhNwddC1Uue48bAZTlNt7UwYJ83s/s1600/msn_logo.jpg




Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista. Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.


Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah. 


·         Kelebihan :


1.   Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

2.   informasi yang di sajikan juga aktual dan juga banyak artikel-artikel menarik untuk dibaca. msn.com bisa dibilang portal web yang cukup berinteraksi dengan pengunjungnya dengan dilengakapi dengan kolom komentar dari para pembaca. msn.com terbilang portal web yang simple dan tidak ribet, sehingga para pengunjungnya merasa nyaman untuk membaca informasi dan artikelnya.

3.   portal web ini lumayan rapi.

4.   disajikan informasi yang sedang populer di bagian web tertentu.


·         Kekurangan :


1.   Pencarian dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.

2.   Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

3.   Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.


Fungsi msn itu bermacam-macam. MSN bisa dijadikan sebagai search engine seperti google tetapi dengan nama bing. Selain itu msn mempunyai email seperti yahoo! mail, gmail, teapi dengan nama hotmail. Ada juga sebagai mesengger atau kita dapat chattingan seperti YM tetap dengan nama Windows Live Messenger. Kita juga dapat melihat berbagai macam informasi, berita, news, olahraga, dll di MSN.



 4.      Bing (http://www.bing.com)


http://cdn.redmondpie.com/wp-content/uploads/2009/11/BingWallpaperDownloaderbringBingwallpape_149C8/Bing.png  http://www.almrsal.com/wp-content/uploads/2014/02/211.png




Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine” yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.


Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.


Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:


1.   Web untuk pencarian halaman situs atau website.

2.   Images untuk pencarian gambar.

3.   News untuk pencarian berita.

4.   xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.


Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.


Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger” ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.

        Kelebihan dari Bing :
  • Memiliki fasilitas instant answer yaitu system mampu memberikan jawaban.
  • Dalam pencarian image atau video Bing mampu menampilkan daftar hasil yang spesifik dan detail.
  • Pengguna tidak perlu mengklik link lagi, akan tetapi hanya mengarahkan kursor pada link tersebut sehingga pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.

       Kekurangan dari Bing :

  • Bing kurang cepat dalam melakukan pencarian
  • Fitur yang dimiliki tidak lengkap
  • Tidak mampu melakukan perhitungan


Bing diharapkan dapat mampu menjadi mesin pencari yang paling dapat diandalkan dalam mencari beragam informasi, sehingga dapat menggeser dominasi Google Search. Harapan tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur yang dibangun dalam Bing. Beberapa fitur yang menjadikan Bing diprediksikan mampu menggeser keberadaan Google search, antara lain :

Best Match

 

Fitur ini mampu menampilkan hasil pencarian yang relevan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Link yang paling relevan akan ditampilkan pada bagian atas daftar atau list hail pencarian. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang sesuai disertai pula dengan link situs yang mirip.

Interface Features

 

Fitur Interface ini menampilkan gambar background yang akan terus mengalami perubahan setiap harinya. Gambar yang ditampilkan ini merupakan gambar yang unik dari seluruh dunia. Gambar background yang ditampilkan ini juga dilengkapi dengan informasi berkenaan dengan gambar tersebut. Gambar background pada mesin pencari ini bersifat fleksibel, artinya dapat diaktifkan dan dinon-aktifkan. Pada interface hasil pencarian, menampilkan bagian hasil panel navigasi pada sidebar kiri, dan preview di sisi kanan hasil pencarian yang berhubungan (Related Searches).

Media Features

 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari gambar-gambar dan video yang diinginkan. Halaman hasil pencarian ini akan menampilkan seluruh hasil pencarian dalam bentuk thumbnail dalam satu halaman, sehingga pengguna tidak perlu beralih ke halaman-halaman berikutnya yang membutuhkan waktu cukup lama. Untuk memainkan video tersebut, pengguna tidak perlu mengklik thumbnail video, tetapi hanya cukup mengarahkan kursor mouse pada thumbnail video saja.

Instant Answer

 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat. Bing juga dapat berfungsi sebagai kalkulator yang berfungsi sebagai mesin penghitung. Fitur ini pun juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui harga saham, harga tiket pesawat, jadwal penerbangan, pengiriman barang melalui kapal oleh perusahaan tertentu, informasi lalu lintas, review restoran, kamus, dan sebagainya.

Bing Maps

 

Fitur Maps dalam Bing merupakan virtual earth, artinya fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengetahui lokasi berbagai daerah dari berbagai negara di dunia. Selain itu, fitur ini juga dapat berfungsi sebagai petunjuk jalan ketika sedang melakukan perjalan ke luar kota maupun ke luar negeri.

Bing Travel

 

Fitur ini menampilkan rencana anggaran untuk melakukan perjalanan mulai dari transportasi, hotel, sewa mobil, dan lain sebagainya.



 

 5. Ask (http://www.ask.com)

 




http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/8/89/Ask.com_homepage_screenshot.png

 http://about.ask.com/wp-content/uploads/2013/04/Ask-Logo-Medium.jpg








Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.


Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.


Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.


Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan.


Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.


·         Kelebihan :


1.   Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.

2.   Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan

3.   Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!

4.   Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti


·         Kekurangan :


1.   Databasenya kecil

2.   Fitur kurang lengkap

3.   Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata

4.   Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil

5.   Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.


  Sumber : 

http://ruditayasa.blogspot.com/2012/09/macam-macam-search-engine-di-dunia.html

http://salis-rosyida-i.blog.ugm.ac.id/2013/09/17/macam-macam-search-engine-mesin-pencari/ 

http://www.info-asik.com/2012/12/macam-macam-search-engine.html#ixzz31s9PlEiq 

http://wikimelo.wordpress.com/2012/10/31/kelebihan-dan-kekurangan-msn/ 

http://ariprimrose.blogspot.com/2012/10/kelebihan-dan-kekurangan-msncom.html 

http://chip.co.id/news/tips/10998/15_fungsi_google_yang_mungkin_belum_anda_ketahui 

http://id.wikipedia.org/wiki/Bing 

 

 

1 komentar: